Ini Penjelasan Kepala BWS Sumatera IV, Daniel Soal Progres Proyek Bendungan Sei Gong di Batam

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV PUPR Kepri Daniel ST MT (kanan) saat diwawancarai awak media. (Foto: Ist) 

Batam, Seputarterkini.com - Saat ini progres pengerjaan Bendungan Sei Gong Batam sudah cukup baik namun masih perlu pembenahan atau peningkatan fasilitas pendukung bendungan yang memerlukan waktu.

Dan sekarang setelah bendungan Sei Gong selesai dan semua instrumen atau fasilitas pendukung mendekati lengkap maka pekerjaan lainnya akan segera dikerjakan.

Demikian ungkap Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV PUPR Kepri Daniel ST MT kepada sejumlah wartawan Kamis (16/02/2023) di ruang kerjanya.

"Saat ini sudah tayang atau di lelang untuk pengerjaan pipanisasi yang diperkirakan panjangnya sekitar 9 atau 12 Km dari sumber air ke arah sasaran," ungkap Daniel didampingi AA Supriatna SE MM Staff Kasubag Umum & TU - nya.

Dijelaskannya bahwa memang Sei Gong sudah dikerjakan sejak beberapa tahun lalu sekitar 2018 pencapaian progress pengerjaan terus dibesut hingga tahun 2023 sudah menelan dana sekitar Rp300an Milyar.

Jadi sekarang ini meski masih terus dalam perawatan dan finishing pembersihan sejumlah lokasi waduk namun mudah-mudahan pipanisasi yang kini sedang ditayang lelangnya segera terwujud dan bisa dikerjakan, ujarnya juga didampingi Kasi Pelaksanaan-nya Siratjuddin Jahidin ST MT.

"Saat ini semoga bisa berjalan baik pengerjaan pipa. Sehingga air baku bisa dijalankan," ujar pria yang belum lama ini mengganti pejabat yang lama Ir Tuti Sutiarsih MT yang memasuki masa pensiun.

Pria tinggi besar ini yang beberapa tahun lalu pernah bertugas di Batam ini mengatakan bahwa untuk tahap awal kemungkinan penyaluran air akan diprioritaskan kepada warga terdekat dari waduk atau bendungan ini.

"Ya memang jika pipa sudah tersambung maka prioritasnya masyarakat terdekat dulu," pungkas Daniel sambil pamit akan ke lokasi proyek.

Pembangunan Bendungan Sei Gong di Pulau Galang yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) bertujuan mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak.Untuk kebutuhan domestik maupun industri.

Bendungan Sei Gong dibuat untuk antisipasi jika beberapa tahun ke depan Kota Batam diperkirakan mengalami defisit air.

Makanya sangat penting untuk mengoptimalkan potensi air yang tersedia, salah satunya dengan menampung aliran Sungai Gong.Ke depan Batam sekitarnya akan menikmati manfaatnya.

Bendungan Sei Gong ini ber-kapasitas 11,8 juta m3.Dan dapat menyuplai air baku sebesar 400 liter per detik yang nantinya bakal diolah di instalasi pengolahan air bersih di Kota Batam. (*)

Lebih baru Lebih lama